Pelatihan Laboratorium Bahasa

Salah satu elemen yang penting dalam pengadaan perangkat laboratorium bahasa adalah kemampuan instruktur dalam menggunakan perangkat tersebut. Kemampuan instruktur yang memadai erat hubungannya dengan hal-hal sebagai berikut:

  1. training lab bahasa thumb Pelatihan Laboratorium BahasaKemampuan dasar seorang instruktur laboratorium  bahasa yang akan dilatih. Dalam hal ini seorang instruktur diharapkan cukup mengerti akan teknologi dan perkembangannya.
  2. Pelatihan instruktur. Setelah instalasi laboratorium bahasa selesai dilakukan maka instruktur harus mendapat training pengenalan mengenai bagaimana mengoperasikan perangkat tersebut.
  3. Buku manual. Kelengkapan ini harus mampu memandu instruktur untuk mengoperasikan perangkat lab bahasa.
  4. Pelatihan troubleshooting. Sebaiknya disiapkan seorang yang secara khusus dilatih untuk menangani secara teknis semua perangkat elektronik laboratorium bahasa yang ada. Pelatihan tidak harus secara detail, yang terutama dapat mengenal masalah teknis yang terjadi.
  5. Konsultasi berkesinambungan. Hal ini diperlukan untuk membantu kelancaran operasional penggunaan operasional labor bahasa. Konsultasi ini juga diperlukan agar masalah teknis yang terjadi dapat dikenali agar tidak mengganggu penggunaan perangkat tersebut.

Tujuan utama penggunaan laboratorium bahasa adalah meningkatkan kemampuan siswa atau mahasiswa dalam berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Secara signifikan hal ini dapat dicapai melalui 2 jalan yaitu, perangkat laboratorium bahasa yang mempunyai fungsi lengkap dan kemampuan operasional seorang instruktur atau guru terhadap perangkat elektronik tersebut.

Powered by WordPress | Designed by: Best SUV | Thanks to Toyota SUV, Ford SUV and Best Truck