Desain Ruangan

Ruangan laboratorium bahasa berdasarkan pengaturan letak meja dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dibagi menjadi 4 desain ruangan. Diharapkan dengan menyesuaikan letak meja kursi dapat meningkatkan fungsi laboratorium bahasa sesuai penggunaan perangkat elektronik laboratorium bahasa.

kelas single Desain Ruangan1. Ruang dengan Meja Tunggal Berbaris.

Meja siswa tunggal diatur dengan jarak 50-70cm antar meja. Jarak disesuaikanĀ  dengan luas ruangan. Desain ruang seperti ini cocok untuk segala jenis laboratorium bahasa. Pandangan siswa terpusat ke depan dan instruktur dapat memperhatikan setiap wajah dari siswa secara langsung.

kelas ganda Desain Ruangan2. Ruang dengan Meja Ganda Berbaris.

Jarak antar meja diatur selebar 50-70cm. Desain ruang ini juga cocok untuk segala jenis laboratorium bahasa. Hanya saja jika digunakan sekat maka pandangan siswa menjadi terbatas. Pandangan siswa terpusat ke depan dan instruktur dapat memperhatikan setiap wajah dari siswa secara langsung.

kelas U Desain Ruangan3. Ruang dengan Deretan Meja Berbentuk U.

Dengan desain ini dapat digunakan meja tunggal maupun meja ganda. Bagian tengah ruang dibiarkan kosong. Ruang kosong ini dapat digunakan untuk kegiatan peragaan seorang atau sekelompok siswa yang sedang melakukan adegan tertentu. Sementara siswa lain memperhatikan dan mendiskusikan kegiatan tersebut.

kelas kotak Desain Ruangan4. Ruang dengan Meja berkelompok.

Pada desain ruangan jenis ini meja siswa dibuat berkelompok. Tiap kelompok meja berbentuk kotak berisi 4 siswa. Instruktur dapat memberi materi lembaran kertas pada tiap kelompok untuk kemudian didiskusikan.

Powered by WordPress | Designed by: Best SUV | Thanks to Toyota SUV, Ford SUV and Best Truck